Mengenal Software yang Digunakan dalam Analisa Teknikal Saham

Dalam melakukan analisa saham secara tekhnikal, tentunya kita memerlukan adanya software yang dapat membantu kita membuat analisa. Di dalam software tersebut juga dilengkapi dengan banyaknya indikator atau tools yang akan membantu seorang investor/trader untuk mengambil keputusan sebelum membeli atau menjual suatu saham.

Ada banyak software saham yang tersedia saat ini. Untuk kalangan profesional biasanya memakai Amibroker atau Metastock. Kedua software ini dapat diperoleh dengan membeli kepada perusahaan penerbit maupun resellernya. Ada juga software analisa saham yang bisa kita peroleh dari perusahaan sekuritas tempat kita bertransaksi saham seperti E-Trading Securities dengan HOTS (Home Onlie Trading System)nya, PT. Indopremier Securities dengan IPOT (Indo Premier Online Trading)nya dan sebagainya.

Biasanya perusahaan sekuritas akan memberikan trial selama 30 hari bagi para calon investor untuk mengenal software tersebut serta menyediakan manualnya. Jika kita sudah menjadi nasabahnya, maka kita dapat menggunakan software tersebut secara utuh. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi situs perusahaan sekuritas tersebut yaitu http://www.etrading.co.id dan http://www.ipotindonesia.com

Berikut adalah contoh tampilan chart dari beberapa software yang ada untuk saham PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)

Tampilan Chart BBRI pada software IPOT

Tampilan Chart BBRI pada software HOTS
Tampilan Chart BBRI pada software Chartnexus

Untuk edisi ke depan, kita akan melihat bagaimana cara membaca chart tersebut sekaligus mengenal indikator-indikator atau tools apa saja yang sering digunakan di dalam melakukan analisa teknikal saham.

Penulis: Dedy Rusmanto (dedyrusmanto@infoaceh.com)

  • to’e

    good job bro, lanjutkan !!!!! ditunggu bahasan berikutnya